B

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka timbul beberapa permasalahan yang dapat diidentifikasi antara lain:
1. Bagaimana peran agama Islam dalam meningkatkan kualitas kinerja karyawan?
2. Bagaimana PT Tip Top Supermarket Rawamangun mengembangkan tingkat pemahaman dari kondisi spiritual karyawan dalam memahami etos kerja Islami sehingga dapat memengaruhi kinerja karyawan untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik?
3. Apa faktor pendukung dan penghambat PT Tip Top Supermarket Rawamangun dalam mengembangkan pemahaman etos kerja Islami pada karyawan?
4. Apa upaya yang dilakukan PT Tip Top Supermarket Rawamangun dalam mengembangkan pemahaman etos kerja Islami pada karyawan?
5. Apakah kinerja karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun dapat dipengaruhi oleh etos kerja Islami?
C. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, maka penulis membatasi subjek penelitian yang terfokus kepada pengaruh etos kerja Islami terhadap kinerja karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun.
D. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini ialah bagaimanakah pengaruh etos kerja Islami terhadap kinerja karyawan di PT Tip Top Supermarket Rawamangun?
E. Tujuan Penelitian
Berdasarkan pemaparan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris pengaruh etos kerja Islami terhadap kinerja karyawan di PT Tip Top Supermarket Rawamangun.
F. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
a. Manfaat Teoritis
Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta memberikan sumbangan bagi perkembangan penelitian. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat dijadikan bahan bacaan, referensi, kajian serta rujukan akademis.
b. Manfaat Praktis
Secara praktis, hasil penelitian ini dapat memberikan informasi tentang pengaruh etos kerja Islam terhadap kinerja karyawan yang ada di PT Tip Top Supermarket Rawamangun. Informasi dari hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai acuan dalam membentuk para karyawan dan bila dalam penelitian ini hipotesis diterima, maka etos kerja Islam dapat dijadikan salah satu teknik untuk meningkatkan kinerja karyawan.
G. Sistematika Penulisan
Pada umumnya, suatu pembahasan karya ilmiah memerlukan suatu bentuk penulisan yang sistematis sehingga penelitian ini lebih terarah dan tidak menyimpang dari tujuannya. Oleh karena itu, penulis menyusun sistematika penulisan ini ke dalam 5 bab, yaitu:
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam pendahuluan ini berisi latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II : KAJIAN TEORI
Dalam bab dua ini penulis akan menggambarkan tentang tinjauan pustaka/penelitian terdahulu, tinjauan mengenai etika kerja Islami, tinjauan mengenai kinerja karyawan, dan hipotesis.
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Pada bab tiga ini berisi tentang metodologi yang digunakan penulis dalam meneliti meliputi beberapa hal diantaranya tempat dan waktu penelitian, metode penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, serta hipotesis statistik.
BAB IV : HASIL PENELITIAN
Pada bab ini berisi hasil penelitian penulis mengenai pengaruh kegiatan keagamaan IKMT terhadap kinerja karyawan PT Tip Top Supermarket Rawamangun.
BAB V : PENUTUP
Pada bab lima ini merupakan penutup dari hasil tulisan penulis dengan memberikan kesimpulan hasil penelitian serta memberikan saran-saran.